30+ Game GameCube Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

30+ Game GameCube Terbaik Sepanjang Masa

Dengan judul game terbaik GameCube seperti Metroid Prime atau Resident Evil 4, konsol tersebut menjadi usaha bagi Nintendo untuk bisa bersaing dengan PS2 dan Xbox. Meski tidak terbilang sukses, permainan GameCube tetap dapat respon positif, terutama berkat kualitas grafisnya yang terbilang baik di zamannya.

Dibandingkan konsol lainnya, GameCube memiliki beberapa fitur unik mereka sendiri. Salah satunya adalah desainnya yang kompak dan unik, dengan bentuk kotak yang membedakannya dari konsol-konsol lain yang umumnya berbentuk persegi panjang. Selain itu, GameCube menggunakan media optik miniDVD sebagai format permainannya, berbeda dengan DVD yang digunakan oleh PlayStation 2 dan Xbox.

Dari segi permainan, konsol GameCube yang lebih bertenaga meningkatkan kualitas grafis 3D yang ada pada konsol sebelumnya, Nintendo64. Konsol ini pun hadir dengan banyak game berlisensi milik Nintendo seperti Super Mario atau The Legend of Zelda. Konsol ini bahkan memperkenalkan seri baru Nintendo seperti Pikmin dan Animal Crossing.

Meski konsolnya tidak lagi ada, kamu tetap bisa memainkan game tersebut menggunakan emulator GameCube seperti Dolphin yang rilis untuk PC dan Android. Dengan lebih dari 600 judul berbeda, berikut adalah kumpulan game GameCube terbaik yang bisa kamu coba terlebih dahulu.

Kumpulan Game GameCube Terbaik

1. Animal Crossing

Animal Crossing adalah salah satu serial game populer dari Nintendo yang memulai debut mereka di konsol GameCube. Meski game ini sebenarnya sudah muncul di Nintendo64, versi GameCube jadi yang pertama diperkenalkan ke dunia barat.

Animal Crossing GameCube

Sama seperti game Animal Crossing yang kita kenal sekarang, game ini juga akan menempatkan kamu di sebuah desa yang dipenuhi dengan warga berwujud hewan lucu. Kamu pun bisa melakukan banyak hal, mulai dari bercocok tanam, mendekorasi rumah, menyelesaikan misi, atau sekadar berkeliling kota dan berinteraksi dengan NPC yang kocak.

Dibandingkan versi N64-nya, Animal Crossing di GameCube memiliki beberapa fitur yang tidak pada versi sebelumnya seperti adanya kumpulan game NES yang bisa kamu mainkan. Selain itu versi GameCube-nya juga memanfaatkan jam internal konsol tersebut untuk membuat dunia Animal Crossing berjalan siang dan malam hingga memiliki pergantian musim.

2. Burnout 2: Point of Impact

Burnout jadi salah satu game balap mobil populer yang memulai debut mereka di konsol GameCube, PS2 dan Xbox. Dibanding dua konsol lainnya, versi GameCube mendapatkan rating yang sedikit lebih baik berdasarkan rata-rata review di Metacritic.

Burnout 2: Point of Impact

GameCube sendiri merilis dua game Burnout dengan sekuelnya, Burnout 2: Point of Impact, jadi versi yang lebih baik dari pendahulunya. Meski terbilang jadul dibanding game sekarang, grafisnya terbilang sangat baik untuk konsol pada zamannya. Game ini mampu menampilkan efek-efek visual yang memukau, seperti efek kilat saat tabrakan atau efek motion blur yang membuat sensasi kecepatan semakin terasa.

Selain itu berbagai mode permainan yang ditawarkan juga menjadi daya tarik game ini. Selain mode balapan standar, terdapat juga mode lain seperti Pursuit Mode (menghadapi mobil polisi) dan Crash Mode (menciptakan tabrakan sebesar-besarnya untuk meraih skor tinggi).

3. Def Jam Vendetta

Bicara game gulat biasanya kita akan ingat dengan serial WWE/WWF. Namun di GameCube muncul game gulat yang tidak kalah seru bernama Def Jam Vendetta. Game ini dibuat oleh AKI Corporation dan dirilis oleh Electronic Arts Canada, serta dirilis juga untuk konsol PS2.

Def Jam Vendetta GameCube

Game ini sendiri dibuat berdasarkan game Pro Wrestling dan WWF No Mercy yang dibuat oleh AKI sebelumnya. Dengan gameplay yang hampir mirip, Def Jam Vendetta pun melengkapinya dengan mode cerita di mana kamu bisa memilih satu dari empat karakter untuk berjuang menjadi yang terbaik di dunia gulat underground.

Satu hal menarik, nama Def Jam diambil dari sebuah perusahaan rekaman asal Amerika berisi banyak artis rap/hip-hop populer di era tersebut. Makanya di game ini kamu juga bisa memainkan karakter sungguhan dari label tersebut, seperti Ludacris, Method Man, DMX, Ghostface Killah, dan masih banyak lagi.

4. Donkey Konga

Game Donkey Kong umumnya dikenal sebagai game platformer atau side scrolling dengan gameplay ala Super Mario. Namun di Donkey Konga, karakter gorila berdasi tersebut justru akan memainkan musik dengan gameplay yang mirip dengan Guitar Hero.

Donkey Konga

Dalam permainan ini, kamu harus bisa memukul bongo drum dengan tepat sesuai dengan instruksi yang ditampilkan di layar, mengikuti irama lagu untuk mendapatkan skor tertinggi. Lagu yang bisa dimainkan pun sangat beragam, mulai dari soundtrack game populer Nintendo hingga lagu internasional seperti "We Will Rock You" milik Queen atau "Losing My Religion" milik R.E.M.

Keunikan game ini sempat membuatnya jadi game paling inovatif di zamannya. Apalagi kamu bisa memainkan game ini menggunakan kontroller khusus berbentuk drum bongo. Game ini pun memiliki dua sekuel, meski judul ketiganya hanya tersedia dalam Bahasa Jepang saja.

5. Eternal Darkness: Sanity’s Requiem

Buat kamu yang senang dengan genre horror, Eternal Darkness: Sanity's Requiem adalah game terbaik di GameCube yang harus kamu coba. Game yang dikembangkan oleh Silicon Knights ini dikenal karena pendekatan uniknya terhadap genre horor dan gameplay yang inovatif.

Eternal Darkness: Sanity’s Requiem GameCube

Gameplay-nya sendiri mengikuti beberapa karakter yang terlibat dalam konspirasi kuno yang melibatkan kekuatan supernatural. Pemain akan menjelajahi berbagai lokasi yang berbeda di seluruh dunia dalam upaya untuk mengungkap misteri yang tersembunyi.

Salah satu fitur utama dari Eternal Darkness adalah "meter ketidakwarasan" (sanity meter) yang mempengaruhi gameplay secara signifikan. Saat karakter pemain terpapar oleh kejadian supernatural atau makhluk yang mengerikan, sanity meter akan berkurang. Semakin rendah meter ketidakwarasan ini, semakin terjadi efek-efek psikologis yang mencekam, seperti ilusi optik, perubahan kamera, atau bahkan simulasi "kerusakan" pada televisi.

6. F-Zero GX

F-Zero GX adalah permainan balapan futuristik yang dirilis untuk Nintendo GameCube pada tahun 2003. Menariknya, game ini dikembangkan oleh Sega setelah mereka memilih untuk menjadi developer pihak ketiga menyusul kekalahan mereka dalam perang konsol di awal tahun 2000-an.

F-Zero GX GameCube

Salah satu fitur yang paling mencolok dari F-Zero GX adalah grafisnya yang sangat canggih untuk konsol GameCube pada zamannya. Permainan ini menggunakan teknologi yang mengesankan untuk menghadirkan visual yang halus dan detail yang tinggi, serta efek visual yang spektakuler seperti motion blur dan efek cahaya yang realistis.

Selain itu, F-Zero GX juga menonjol karena tingkat kesulitan yang tinggi. Meskipun game-game sebelumnya dalam seri ini dikenal karena tantangan mereka, F-Zero GX dianggap sebagai salah satu permainan balapan yang paling sulit yang pernah ada. Lintasan penuh dengan tikungan tajam dan rintangan, dikombinasikan dengan kecepatan yang sangat tinggi, membuat permainan ini butuh tingkat keterampilan dan reaksi yang tinggi dari pemainnya.

7. Fight Night Round 2

Fight Night adalah salah satu game tinju terbaik yang dibuat oleh EA Sports sebagai terusan dari seri game tinju sebelumnya, Knockout Kings. GameCube pun memiliki satu-satunya game dari seri tersebut dengan nama Fight Night Round 2.

Fight Night Round 2 GameCube

Di sini kamu bisa memainkan berbagai petinju terkenal mulai dari Muhammad Ali, Joe Frazier, Sugar Ray Leonard, dan Oscar De La Hoya. Dibandingkan game sekarang, grafisnya mungkin terlihat ketinggalan zaman dengan gerakan pemain yang cukup kaku. Namun serangan kombinasi yang mudah serta pukulan yang terkadan over powered membuat game ini seru untuk dimainkan.

Satu hal menarik, versi GameCube game ini memiliki karakter tambahan dari game tinju populer Nintendo berjudul Super Punch Out!! Jadi selain petinju sungguhan, kamu pun bisa memainkan karakter Little Mac yang lebih dulu populer di konsol SNES tersebut.

8. Ikaruga

Ikaruga adalah game tembak-tembakan menggunakan kapal yang pertama kali muncul untuk arcade pada tahun 2001. Game ini pun kemudian dirilis untuk konsol Dreamcast dan GameCube, hingga konsol yang lebih modern seperti Switch dan Playstation 4.

Ikaruga adalah game kapal terbaik GameCube

Salah satu fitur utama dari Ikaruga adalah sistem permainan yang unik yang disebut "polaritas." Dalam permainan ini, pemain mengendalikan kapal ruang angkasa yang bisa beralih antara dua polaritas warna, hitam dan putih. Kapal hanya dapat menyerap serangan dari musuh yang berwarna yang sama, sementara serangan dari musuh yang berwarna berlawanan akan menyebabkan kerusakan.

Sistem ini menciptakan strategi yang mendalam, di mana pemain harus terus berpikir dan mengubah polaritas mereka untuk bertahan dan menyerang dengan efektif. Meski awalnya sempat membuat bingung, gaya permainan ini membuat Ikaruga jadi salah satu permainan klasik yang sering disebut sebagai salah satu game terbaik di genrenya.

9. The Legend of Zelda: The Wind Waker

Walaupun jadi salah satu game terlaris GameCube, The Legend of Zelda: The Wind Waker sempat mendapatkan kritik di awal rilis. Beda dari game sebelumnya, The Wind Waker memakai gaya seni animasi 3D cel-shaded dengan tampilan mirip kartun yang berbeda dari dua game 3D sebelumnya yang lebih realistis.

The Legend of Zelda: The Wind Waker GameCube

Meski begitu petualangan Link dalam menyelamatkan adiknya dan Tetra sekaligus usahanya dalam mengungkap misteri kerajaan kuno Hyrule ternyata jadi daya tarik yang luar biasa. Game ini pun pada akhirnya sering dianggap sebagai salah satu game Zelda terbaik yang pernah ada.

Mirip game Zelda lainnya, kamu bisa menjelajahi dunia, menyelesaikan puzzle, melawan musuh, dan mengumpulkan item. Namun, permainan ini juga memperkenalkan beberapa fitur baru, seperti kemampuan untuk mengendalikan angin menggunakan tongkat angin, berlayar di lautan untuk mencapai berbagai pulau, dan pertarungan laut melawan musuh.

10. The Legend of Zelda: Twilight Princess

Empat game Zelda di GameCube bisa dibilang hits semua. Namun selain the Wind Waker, The Legend of Zelda: Twilight Princess juga jadi game RPG GameCube lain yang rasanya patut kamu coba selanjutnya. Dibandingkan game Zelda lainnya sebelum ini, Twilight Princess populer berkat ceritanya yang lebih 'gelap' dan 'kelam.'

The Legend of Zelda: Twilight Princess GameCube

Cerita Twilight Princess mengikuti petualangan Link dalam menyelamatkan dunia dari kegelapan yang disebabkan oleh Twilight Realm. Link berubah menjadi serigala oleh kekuatan Twilight, dan bekerja sama dengan Midna, seorang makhluk Twilight, untuk mengembalikan keadaan kembali normal dan mengalahkan Raja Twilight, Zant, serta Ganondorf.

Permainan ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam seri Zelda oleh banyak kritikus dan penggemar karena beberapa alasan. Pertama, ceritanya yang mendalam dan emosional, dengan karakter-karakter yang kompleks dan perkembangan yang kuat. Kedua, gameplay yang solid dan beragam, termasuk penggunaan dual world antara dunia manusia dan Twilight Realm. Ketiga, grafisnya yang indah dan atmosferik, yang bahkan terbilang masih cukup bagus untuk dimainkan saat ini.

11. Luigi’s Mansion

Meski lama dikenal sebagai pendamping Mario, Luigi belum pernah jadi karakter utama sebelum munculnya game Luigi's Mansion. Game debutnya ini pun langsung mendapat respon positif dan jadi salah satu game terlaris di GameCube. Game ini bahkan menjadi seri tersendiri yang masih berlanjut hingga kini.

Luigi's Mansion GameCube

Dibandingkan game Mario yang cenderung lebih cerah dan riang, Luigi's Mansion hadir dengan atmosfir yang lebih gelap dan misterius. Meski dibuat dengan latar belakang mansion berhantu, game ini tetap dikemas dengan jenaka dan penuh dengan humor.

Luigi's Mansion juga memiliki gamplay unik yang berbeda dari game Super Mario. Di sini kamu harus menggunakan vacuum cleaner untuk menangkap hantu. Meskipun tidak terlalu sulit, permainan ini menawarkan tantangan yang cukup menarik, terutama dalam menyelesaikan teka-teki dan menghadapi bos.

12. Mario Kart: Double Dash!!

Sebagai salah satu game spin-off terpopuler dari franchise Super Mario, game karting ini hadir di GameCube melalui Mario Kart: Double Dash!! Dibanding game sebelumnya, seri ini hadir dengan tambahan 11 karakter baru, lengkap dengan item ekslusif mereka sendiri.

Mario Kart: Double Dash!! jadi salah satu game balap mobil terbaik GameCube

Sesuai namanya, game ini memperkenalkan sistem Double Dash. Kamu pun dapat memilih dua karakter, di mana karakter pertama akan mengendarai mobil dan karakter kedua mengendalikan item. Kedua karakter ini nantinya dapat dipakai bergantian untuk menggunakan item atau memanfaatkan kemampuan khusus karakter tersebut.

Selain itu, ada dua mode baru yang diperkenalkan di game ini. Pertama ada Shine Thief di mana kamu harus menangkap Shine Sprite dan memilikinya selama hampir 1 menit. Lalu ada mode Bob-omb Blast di mana kamu harus bertanding sambil melemparkan bom kepada pemain lainnya.

13. Metroid Prime

Sebelum kemunculan Metroid Prime di tahun 2002, serial ini sempat vakum dengan Super Metroid (1994) sebagai game terakhir mereka. Game Metroid baru ini pun langsung menggebrak dengan mengubah gaya sidescrolling 2D mereka dengan tampilan 3D yang lebih memikat. Pada 2023, game ini dibuat versi remastered yang rilis untuk Nintendo Switch.

Metroid Prime GameCube

Dibandingkan seri sebelumnya, ada sedikit perubahan gaya permainan dari tembak-tembakan menjadi lebih fokus pada petualangan. Dengan sudut pandang orang pertama, kamu akan mengontrol karakter Samus Aran dalam melawan bajak laut luar angkasa dan menginvestigasi eksperimen biologi yang terjadi pada planet Tallon IV.

Secara umum, Metroid Prime dianggap berhasil dalam menyampaikan nuansa isolasi dan kesendirian yang menjadi ciri khas dari seri Metroid, dengan penggunaan suara dan musik yang mendukung. Desain tingkat yang rumit dan penuh teka-teki juga membuatnya jadi salah satu game GameCube terbaik dan terlaris sepanjang masa.

14. Paper Mario: The Thousand-Year Door

Menyusul kesuksesan game Paper Mario pertama di Nintendo64, sekuelnya hadir di GameCube dengan judul Paper Mario: The Thousand-Year Door. Seperti pendahulunya, game ini tetap mempertahankan gaya visual dengan desain mirip kertas serta sistem pertarungan berdasarkan timing yang tepat.

Paper Mario: The Thousand-Year Door GameCube

Di game ini, Mario akan mencari Crystal Stars untuk membuka pintu kuno yang konon menyimpan harta besar. Nantinya kamu akan ditemani karakter baru dan menghadapi musuh seperti X-Nauts untuk menyelamatkan Princess Peach. Setelah mengumpulkan semua Crystal Stars, kamu akan menghadapi Shadow Queen dalam pertempuran terakhir untuk menyelamatkan dunia.

Di antara semua game di seri Paper Mario, The Thousand-Year Door seringkali dianggap sebagai yang terbaik. Makanya tidak heran jika game yang banyak mendapatkan penghargaan ini kini dibuat ulang untuk konsol Nintendo Switch.

15. Pikmin

Pikmin adalah permainan strategi yang dirilis untuk Nintendo GameCube pada tahun 2001. Game ini dikembangkan oleh Shigeru Miyamoto ini merupakan salah satu game pertama yang dirilis untuk konsol tersebut. Di game ini kamu akan mengikuti petualangan Kapten Olimar, seorang astronaut yang terdampar di planet misterius yang dihuni oleh makhluk kecil bernama Pikmin.

Pikmin GameCube

Salah satu fitur yang membuat Pikmin unik adalah gameplaynya yang menggabungkan elemen strategi, eksplorasi, dan teka-teki. Pemain harus menggunakan makhluk kecil bernama Pikmin untuk mengumpulkan benda-benda dan mengatasi rintangan di sekitar planet untuk membantu Kapten Olimar memperbaiki kapalnya dan pulang ke rumah.

Pikmin adalah salah satu game tersukses di GameCube dan membantu memperkenalkan seri ini kepada publik. Popularitas Pikmin pun akhirnya menjadi pembuka bagi banyak sekuel dan spin-off, dan membuat seri ini menjadi salah satu franchise yang digemari dari Nintendo.

16. Resident Evil 4

Resident Evil adalah serial game yang dikenal sebagai pelopor permainan horor survival dan jadi salah satu game terbaik Capcom. Resident Evil 4 yang rilis pada tahun 2005 di GameCube adalah entri keempat dalam seri Resident Evil dan dianggap sebagai salah satu game terbaik dalam seri tersebut.

Resident Evil 4 GameCube

Resident Evil 4 mengubah formula gameplay dari game Resident Evil sebelumnya dengan menggabungkan aksi yang lebih intens dan pengaturan kamera di atas bahu yang baru. Di game ini kamu akan mengikuti agen pemerintah AS bernama Leon S. Kennedy dalam misinya untuk menyelamatkan putri Presiden yang diculik oleh sebuah sekte misterius di Eropa.

Salah satu fitur yang membuat Resident Evil 4 unik adalah desain level yang rumit dan cerdas, serta sistem pertarungan yang mendalam yang memungkinkan pemain untuk menggunakan berbagai senjata dan strategi untuk menghadapi musuh. Permainan ini juga menawarkan grafis yang mengesankan dan atmosfer yang mencekam, menciptakan pengalaman yang intens dan menegangkan bagi pemainnya.

17. Resident Evil (REmake)

Resident Evil yang dirilis untuk GameCube adalah sebuah remake dari game asli Resident Evil yang dirilis untuk PlayStation pada tahun 1996. Dirilis pada tahun 2002, versi ini hadir dengan kualitas grafis yang ditingkatkan, suara yang direkam ulang, dan perubahan pada gameplay dan cerita untuk membuatnya tetap fresh bagi pemain Residet Evil lama.

Game remake ini mengikuti cerita yang sama dengan Resident Evil asli, di mana kamu akan mengendalikan karakter yang terjebak di sebuah mansion yang dihuni oleh zombie dan makhluk-makhluk mengerikan lainnya. Tujuan utama pemain adalah bertahan hidup sambil memecahkan teka-teki untuk mengungkap misteri di balik kejadian yang terjadi di mansion tersebut.

Game ini menerima pujian luas dari kritikus dan penggemar karena berhasil memperbarui game asli sambil tetap mempertahankan esensi dan nuansa yang membuat Resident Evil menjadi klasik dalam genre horor bertahan hidup. Makanya tidak heran jika permainan ini juga jadi salah satu game terlaris GameCube, meski belum sebaik pencapaian Resident Evil 4.

18. Soul Calibur II

Buat kamu yang senang dengan game berantem, Soul Calibur adalah salah satu game fighting terbaik di GameCube. Pada sekuelnya ini, Soul Calibur II hadir dengan peningkatan grafis serta tambahan karakter dan cameo karakter terkenal dari game lainnya.

Soul Calibur II jadi salah satu game berantem terbaik GameCube

Satu hal yang membuat Soul Calibur unik adalah pertarungan yang lebih fokus pada senjata, bukan hanya dengan tangan kosong. Setiap karakter dalam Soul Calibur memiliki senjata khas yang memberikan gaya bertarung yang unik, yang menghasilkan pertarungan yang sangat visual dan strategis.

Satu hal menarik dari Soul Calibur 2 adalah penambahan karakter tamu dari platform masing-masing. Untuk versi GameCube, karakter tamu yang dimasukkan adalah Link dari seri The Legend of Zelda. Hal ini membuat versi GameCube menjadi yang paling diminati oleh penggemar Nintendo karena karakter ikonik Link yang bisa dimainkan.

19. Star Wars Rogue Squadron II: Rogue Leader

Muncul di tengah era prequel trilogy Star Wars, GameCube memiliki banyak judul game dari franchise populer tersebut. Salah satu game GameCube terbaik dari franchise tersebut adalah Star Wars Rogue Squadron II: Rogue Leaderyang dikembangkan oleh Factor 5 pada tahun 2001.

Star Wars Rogue Squadron II: Rogue Leader adalah salah satu game tembak-tembakan terbaik GameCube

Gameplay Rogue Leader sendiri berpusat pada pilot Rogue Squadron, Luke Skywalker, dan anggotanya saat mereka terlibat dalam berbagai misi melawan Galactic Empire dalam pesawat ikonik Star Wars seperti X-wing, A-wing, dan Snowspeeder. Setiap misi menawarkan pengalaman yang berbeda, mulai dari pertarungan ruang angkasa besar hingga serangan kecil di planet.

Rogue Leader dianggap sebagai salah satu game terbaik di GameCube pada masanya. Memanfaatkan kemampuan teknis GameCube dengan baik, game ini mampu menampilkan grafis yang halus dan efek suara yang imersif. Maka tidak heran jika Rogue Leader dianggap sebagai salah satu game Star Wars yang paling berhasil dalam menangkap nuansa dan atmosfer dari film-film aslinya.

20. Super Smash Bros. Melee

Super Smash Bros. Melee adalah game fighting yang dirilis untuk Nintendo GameCube pada tahun 2001. Game ini dikembangkan oleh HAL Laboratory dan diterbitkan oleh Nintendo. Super Smash Bros. Melee adalah sekuel dari Super Smash Bros. untuk Nintendo 64 dan menjadi game terlaris di GameCube dengan penjualan lebih dari 7 juta kopi.

Super Smash Bros. Melee jadi game paling laris di GameCube

Super Smash Bros. Melee adalah game pertarungan unik yang memungkinkan kamu mengendalikan karakter-karakter ikonik dari berbagai franchise Nintendo, seperti Mario, Pokemon, Final Fantasy, Donkey Kong, Street Fighter, dan banyak lagi. Hal ini saja sudah jadi faktor paling penting yang membuat game ini begitu populer hingga sekarang.

Di balik itu, Melee menawarkan berbagai mode permainan yang menyenangkan, termasuk mode single-player yang menantang, mode multiplayer untuk hingga empat pemain, dan berbagai mini-game yang menghibur. Kombinasi dari gameplay yang menyenangkan, karakter-karakter ikonik, dan mode permainan yang beragam membuat Super Smash Bros. Melee menjadi salah satu game paling populer dan diingat dari era GameCube.

21. Tony Hawk's Pro Skater 3

Serial game Tony Hawk's jadi salah satu game sport terbaik yang tidak hanya digemari pecinta skate board saja. Beruntung bagi GameCube, lima game yang dianggap terbaik di seri ini ada di konsol tersebut, salah satunya adalah Tony Hawk's Pro Skater 3.

Tony Hawk's Pro Skater 3 GameCube

Sebagai game Tony Hawk pertama di GameCube, Pro Skater 3 memiliki segalanya, mulai dari peningkatan kualitas grafis, trik yang lebih beragam, hingga tambahan pemain baru. Kamu bahkan bisa memainkan karakter Darth Maul, Doomguy, hingga Wolverine di game ini.

Meski begitu pencapaian terbesar game ini adalah pengenalan teknik 'revert' yang jadi basis bagi game Tony Hawk selanjutnya. Metode ini memungkinkan kamu untuk meneruskan kombo setelah melakukan lompatan vertikal, sehingga pemain dapat merangkai kombo yang lebih panjang dan membuat permainan semakin seru.

22. Viewtiful Joe

Viewtiful Joe adalah game aksi-platform 2D yang dirilis untuk Nintendo GameCube pada tahun 2003. Terinspirasi oleh film-film aksi dan superhero klasik, kamu akan mengendalikan tokoh bernama Joe yang memiliki kekuatan super setelah masuk ke dalam film favoritnya.

Viewtiful Joe

Dalam game tersebut, Joe dapat memperlambat waktu, meningkatkan kecepatan gerakannya, dan menggunakan serangan khusus lainnya untuk mengalahkan musuh dan menyelesaikan teka-teki di sepanjang permainan. Namun kamu perlu waspada karena game ini punya mekanik permainan kompleks yang bisa cukup menyulitkan.

Salah satu faktor lain yang membuat Viewtiful Joe menonjol adalah gaya seni dan presentasinya yang kreatif. Grafisnya menggunakan teknik cel-shading untuk memberikan tampilan yang mirip dengan komik, sementara musiknya menghadirkan nada-nada yang dramatis dan seru saat kamu berusaha mlewati hadangan musuh yang datang tanpa henti.

23. Fire Emblem: Path of Radiance

Fire Emblem adalah game RPG taktikal yang rilis pada GameCube di tahun 2005. Selain jadi game pertama untuk konsol rumahan setelah Thracia 776 di tahun 1999, game ini juga jadi game Fire Emblem pertama yang dibuat dalam 3D dan memakai pengisi suara.

Fire Emblem: Path of Radiance jadi salah satu game taktikal terbaik GameCube

Dalam game ini kamu akan mengikuti petualangan Ike, seorang pemuda yang menjadi pemimpin kelompok tentara bayaran yang dikenal sebagai Greil Mercenaries. Gameplaynya sendiri tidak jauh berbeda dari game Fire Emblem lainnya yang memakai mekanik batu-gunting-kertas, namun dengan sedikit tambahan yang membuatnya terasa lebih menantang.

Satu hal menari dari game ini adalah adanya lebih dari 40 karakter yang bisa kamu rekrut. Masing-masing memiliki kemampuan yang bisa kamu manfaatkan dalam pertempuran. Namun hati-hati karena kekalahan yang didapat karakter dalam pertempuran akan membuatnya tersingkir dari cerita selamanya. Dan jika jagoan kamu, Ike, kalah, maka kamu harus memulai game ini lagi dari awal.

24. Super Mario Sunshine

Hanya kalah dari Super Smash Bros. Melee dan Mario Kart di daftar game GameCube terlaris, Super Mario Sunshine jelas masuk daftar kumpulan game GameCube terbaik sepanjang masa. Di game ini, kamu harus bisa menyelidiki keberadaan Shadow Mario yang memfitnah kamu melakukan kerusakan di pulau Delfino.

Super Mario Sunshine jadi salah satu game Mario terbaik di GameCube

Setelah sukses dengan Super Mario 64, Super Mario Sunshine juga menghadirkan game aksi platformer 2D yang kali ini hadir dengan peningkatan kualitas grafis. Konsol GameCube yang lebih bertenaga pun dimanfaatkan untuk mengeksplorasi desain baru serta mekanisme permainan yang membuat game ini mampu menyaingi pendahulunya tersebut.

Satu fitur tambahan yang paling signifikan adalah adanya alat bernama Flash Liquidizer Ultra Dousing Device (F.L.U.D.D.) yang memberikan Mario kemampuan unik. Dengan alat ini., kamu bisa meloncat, melayang, menyerang musuh, atau sekadar membersihkan kota dari tindakan iseng si Shadow Mario.

25. TimeSplitters 2

TimeSplitters 2 adalah game first-person shooter yang dirilis untuk Nintendo GameCube pada tahun 2002. Di game ini kamu akan melakukan perjalanan melalui waktu dan ruang untuk menghentikan alien jahat yang dikenal sebagai TimeSplitters.

TimeSplitters 2 GameCube

Satu fitur yang membuat TimeSplitters 2 menonjol adalah pengaturan dan desain levelnya yang kreatif. Pemain akan menjelajahi berbagai lokasi dan periode waktu, mulai dari Wild West hingga era futuristik, dengan setiap tingkat menawarkan tantangan unik dan variasi dalam gameplay.

TimeSplitters 2 juga dikenal karena kontrol yang responsif dan gameplay yang cepat, yang membuatnya menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi penggemar genre first-person shooter. Meskipun grafisnya mungkin terlihat agak ketinggalan zaman, game ini mampu memberikan keseruan tersendiri di zamannya dan pantas jadi salah satu game GameCube terbaik sepanjang masa.

26. Tales of Symphonia

Tales of Symphonia adalah game RPG yang dirilis untuk Nintendo GameCube pada tahun 2003, dan merupakan salah satu entri terkenal dalam seri game Tales. Di sini, kamu akan mengikuti kisah Lloyd Irving dan Colette Brunel dalam menyelamatkan dunia sambil menghindari kerusakan pada Tethe'alla yang menjadi dunia paralel mereka.

Tales of Symphonia jadi salah satu game RPG terbaik di GameCube

Dibandingkan dengan game seri Tales lain sebelumnya, Tales of Symphonia hadir dengan sistem pertarungan yang lebih inovatif. Game ini menggunakan sistem Linear Motion Battle System (LMBS), yang memungkinkan pemain untuk melakukan serangan dan sihir secara real-time di medan pertempuran yang bergerak bebas.

Selain itu, Tales of Symphonia juga menawarkan dunia yang luas untuk dijelajahi, dengan banyak kota, dungeon, dan fitur sampingan untuk dieksplorasi. Grafisnya yang berwarna-warni dan gaya seni yang menarik juga jadi daya tarik yang membuatnya jadi salah satu game RPG terbaik di GameCube.

27. Metal Gear Solid: The Twin Snakes

Metal Gear Solid: The Twin Snakes adalah remake dari game Metal Gear Solid yang pertama muncul di Playstation. Beda enam tahun dari pendahulunya, game ini hadir dengan peningkatan kualitas grafis, cutscenes baru, hingga penggunaan voice cast yang dikemas ulang menggunakan Bahasa Inggris sepenuhnya.

Metal Gear Solid: The Twin Snakes GameCube

The Twin Snakes memiliki cerita yang sama dengan versi Playstation-nya. Namun gameplaynya justru sedikit diubah agar lebih mirip dengan game Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty yang rilis tepat sebelum game ini.

While all of the original areas and enemies were kept, new ways for the player to combat them were introduced, such as the ability to shoot from a first-person view.[2] Enemy AI was improved, giving enemy soldiers the ability to communicate with each other and detect the player more intelligently with senses of sight and sound enhanced.[3]

28. Skies of Arcadia Legends

Setelah Sega memutuskan untuk tidak lagi mengembangkan Dremcast, banyak game mereka yang akhirnya diadopsi ke konsol lain. Salah satunya adalah Skies of Arcadia yang di-porting ke GameCube.

Skies of Arcadia Legends GameCube

Kisah Skies of Arcadia Legends sendiri tidak jauh berbeda dengan versi Dreamcast-nya di mana kamu akan mengikuti petualangan Vyse, seorang anggota dari kelompok bajak laut langit yang berusaha untuk melawan kekuatan jahat yang ingin menguasai dunia. Kamu pun akan dibawa ke berbagai pulau terapung di dunia yang kaya akan detail dan misteri, sambil bertemu dengan berbagai karakter yang beragam dan menarik.

Perbedaan utama antara Skies of Arcadia dan Skies of Arcadia Legends adalah tambahan konten dan perbaikan yang dibuat pada versi Legends. Legends menambahkan beberapa subplot baru, karakter tambahan, dan fitur permainan tambahan. Hal ini pun membuat Skies of Arcadia jadi salah satu game RPG terbaik di GameCube yang harus kamu coba.

29. Final Fantasy Crystal Chronicles

Final Fantasy jadi seri RPG populer yang hadir di semua konsol Nintendo. Di GameCube, serial ini diwakili oleh Final Fantasy Crystal Chronicles yang rilis pada tahun 2003.

Final Fantasy Crystal Chronicles jadi salah satu game RPG terbaik di GameCube

Dalam Crystal Chronicles, kamu akan mengendalikan karakter dari sebuah suku yang memegang kristal untuk melindungi diri mereka dari miasma, sebuah zat beracun yang mengancam dunia. Kamu pun nantinya akan ditugaskan untuk menjelajahi dunia dan mengumpulkan myrrh, bahan yang diperlukan untuk memurnikan kristal mereka.

Dibanding game Final Fantasy lainnya, Crystal Chronicles fokus pada gameplay multiplayer. Kamu dapat bermain bersama hingga tiga pemain lain menggunakan koneksi Game Boy Advance sebagai kontroler tambahan, yang memungkinkan kerja sama tim yang intens dalam pertempuran dan pemecahan teka-teki. Hal ini pun jadi hal yang cukup unik pada zamannya.

Meskipun gameplay Crystal Chronicles berbeda dari game Final Fantasy tradisional, game ini tetap menampilkan elemen-elemen khas seri, seperti cerita mendalam, karakter yang beragam, dan musik yang epik. Grafisnya yang indah dan desain level yang kreatif juga menjadi daya tarik tersendiri.

30. Star Fox Adventures

Beda dari game Star Fox lain yang fokus pada pertempuran luar angkasa, Star Fox Adventures lebih mirip game petualangan pada umumnya. Menariknya, game ini awalnya dibuat untuk game lain sebelum didesain ulang untuk jadi salah satu entry di dunia Star Fox.

Game petualangan GameCube, Star Fox Adventures

Dalam Star Fox Adventures, kamu akan mengendalikan Fox McCloud yang melakukan misi penyelamatan di planet Dinosauria. Kamu bisa menjelajahi dunia open-world, memecahkan teka-teki, dan melawan musuh dalam pertarungan real-time.

Salah satu fitur utama dari Star Fox Adventures adalah grafisnya yang indah di zamannya dan dunia yang luas dan terbuka untuk dijelajahi. Desain levelnya yang kaya dan variasi lingkungan yang berbeda membuatnya jadi spin-off menarik bagi franchise game Star Fox.

31. Baten Kaitos: Eternal Wings and the Lost Ocean

Baten Kaitos: Eternal Wings and the Lost Ocean adalah game RPG yang jadi salah satu judul eksklusif untuk GameCube, artinya game ini hanya dirilis untuk konsol tersebut. Dalam game ini, kamu akan mengikuti kisah Kalas yang dibantu oleh guardian spirit untuk mengumpulkan kartu Magnus yang kuat untuk menghadapi musuh-musuhnya.

Baten Kaitos: Eternal Wings and the Lost Ocean jadi salah satu game yang hanya ada di GameCube

Salah satu fitur yang membedakan Baten Kaitos dari game peran lainnya adalah sistem pertarungan yang menggunakan kartu. Pemain menggunakan kartu untuk melakukan serangan, sihir, dan menyembuhkan diri, dengan urutan kartu yang tepat menjadi kunci untuk sukses dalam pertarungan.

Meskipun tidak sepopuler beberapa judul lainnya untuk GameCube, Baten Kaitos: Eternal Wings and the Lost Ocean tetap dianggap sebagai salah satu game RPG yang unik dan menarik untuk konsol tersebut, terutama bagi mereka yang mencari pengalaman yang sedikit berbeda dalam genre RPG.

32. Super Mario Strikers

Super Mario Strikers jadi game eksklusif lain yang hanya ada di GameCube. Buat kamu yang senang sepakbola, Super Mario Strikers jelas jadi salah satu game yang wajib kamu coba!

Game sepakbola Super Mario Strikers di GameCube

Dalam Super Mario Strikers, kamu bisa memainkan tim sepak bola yang terdiri dari karakter-karakter dari dunia Mario, seperti Mario, Luigi, Princess Peach, Yoshi, serta cameo dari Donkey Kong. Permainan ini menawarkan gameplay cepat dan seru dengan aksi-aksi lebay dan kemampuan khusus yang dapat digunakan oleh setiap karakter.

Meskipun bukan game sepak bola simulasi yang realistis, Super Mario Strikers berhasil memikat banyak penggemar Mario dan game sport Mario lainnya dengan pendekatan yang segar dan menyenangkan dalam genre yang biasanya serius. Game ini pun jadi salah satu game sport Mario yang paling diingat dan disukai oleh para penggemar.


Itulah dia kumpulan game GameCube terbaik sepanjang masa yang bisa kamu mainkan. Dengan kualitas grafis yang masih terbilang baik, game-game di atas masih sama serunya untuk kamu mainkan sekarang. (GimTekno.com)

0 Komentar