13 Game Nintendo Switch Terbaik untuk Perempuan - GimTekno

13 Game Nintendo Switch Terbaik untuk Perempuan

(Update: 4 Oktober 2023) - Nintendo Switch jadi salah satu konsol game terbaik yang bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Dan bicara gaming biasanya identik dengan laki-laki, padahal ada banyak game Nintendo Switch terbaik untuk anak perempuan yang sama-sama seru untuk dimainkan.

Tidak terbatas pada game dress up atau masak-memasak saja, ada banyak game seru lain yang cocok jika kamu ingin menghadiahkan Nintendo Switch untuk anak, keponakan, maupun teman perempuan kamu.

Nah, jika kamu butuh rekomendasi, simak daftar game terbaik untuk perempuan di Switch berikut ini yuk!

Game Terbaik untuk Anak Perempuan di Switch

1. Animal Crossing

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau game Animal Crossing sudah ada sejak tahun 2001 ketika pertama kali dirilis untuk konsole Nintendo N64. Dan beberapa tahun belakangan game ini kembali booming setelah kemunculan seri baru Animal Crossing: New Horizons. Game tersebut bahkan sering disebut-sebut sebagai versi terbaik dari seri video game simulasi sosial ini.

Animel Crossing New Horizons Nintendo Switch

Animal Crossing jadi game konsol pertama yang mencapai rekor lima juta penjualan digital dalam sebulan. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun sangat menyukai game yang santai namun tidak membosankan ini. Kamu pun bisa bermain sesuka hati tanpa perlu terburu-buru melakukan misi tertentu.

Di dalam game ini kamu membangun pulau kecil kamu sendiri dan mendekorasinya sesuai dengan keinginan kamu. Kamu pun bisa melakukan beberapa tugas ringan mulai dari memancing, menangkap serangga, sampai berburu fosil. Dengan animasi yang lucu dan menggemaskan, tidak heran bila game ini jadi salah satu game Nintendo Switch terbaik untuk anak kecil, baik laki-laki maupun perempuan.

2. Yoshi’s Crafted World

Yoshi’s Crafted World adalah platformer side-scrolling di mana karakter 3D-mu bermain pada bidang 2.5 dimensi. Sesuai judulnya, di sini kamu akan memainakan karakter dinosaurus bernama Yoshi dari seri Super Mario dan berusaha mengumpulkan permata yang tersebar dari Batu Sundream yang dapat mengabulkan keinginan.

Yoshi's Crafted World Nintendo Switch

Pemain harus membantu Yoshi sebelum Kamek (musuh bebuyutan mereka yang memiliki kekuatan sihir) dan Baby Bowser (antagonis mirip kura-kura dari seri Mario, tetapi dalam bentuk balita) bisa mendapatkan permata.

Yoshi's Crafted World dinominasikan dalam kategori Best Family Game di Game Awards 2019 di Los Angeles. Gim ini memiliki mode dua pemain, di mana setiap pemain dapat menggerakkan Yoshi mereka sendiri melalui level gim, sehingga lebih asik dimainkan bersama-sama.

3. Splatoon 2

Jika kamu lebih senang main bersama-sama, Splatoon 2 adalah salah satu game multiplayer terbaik di Switch yang bisa kamu mainkan. Splatoon sendiri merupakan game third-person shooter dimana pemain mengontrol Inklings dan Octolings yang dapat berubah antara bentuk humanoid dan cumi-cumi. Meski ada adegan tembak-tembakan, game ini tetap aman kok' untuk anak kecil karena mereka menggunakan tinta berwarna sebagai amunisi.

Splatoon 2 jadi game tembak-tembakan yang cocok untuk anak kecil

Dalam mode pemain tunggal yang disebut Hero Mode, pemain menyelamatkan Zapfish yang ditangkap di berbagai level sambil melawan si Jahat bernama Oktarian. Ada juga mode multipemain yang dapat dimainkan secara online atau lokal, meskipun yang terakhir membutuhkan banyak konsol dan salinan gim di masing-masing konsol tersebut.

Pada Maret 2021, Splatoon 2 telah terjual lebih dari 12,21 juta kopi di seluruh dunia, menjadikannya salah satu game Switch terlaris. Acara "Splatfest" reguler diadakan setiap bulan hingga Juli 2019, di mana para peserta bisa mendapatkan hadiah langka. Dan jika kamu menyukainya, kamu juga bisa mencoba Splatoon 3 yang hadir dengan lebih banyak senjata dan karakter baru.

3. Pokémon Sword & Pokémon Shield

Pokemon adalah salah satu franchise game paling populer di seluruh dunia. Game Pokemon pertama dirilis pada tahun 1996 sebagai Pocket Monsters Red and Green di Nintendo's Game Boy. Dalam game ini, pemain mengontrol seorang pelatih muda yang melakukan pencarian untuk menangkap dan melatih makhluk yang disebut Pokemon. Mereka kemudian dapat melanjutkan pertempuran melawan pelatih lain untuk menjadi yang terbaik.

Pokemon Sword Nintendo Switch

Pokémon Sword dan Pokémon Shield adalah salah satu game Pokemon terbaik di Nintendo Switch yang juga jadi seri pertama dalam generasi kedelapan dari seri video game role-playing ini. Sejak diluncurkan pada 2019, Sword and Shield telah terjual lebih dari 22 juta kopi di seluruh dunia dan menjadi game terlaris kelima di Switch.

Kedua versi ini hampir sama; satu-satunya perbedaan adalah jenis Pokemon yang bisa kamu buka. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, grafik 3D pada ini sangat spektakuler. Game ini ideal untuk anak perempuan maupun laki-laki usia 7 tahun ke atas, dan bahkan orang dewasa muda yang ingin bernostalgia dengan seri kartun kegemaran mereka.

4. New Pokémon Snap

Game Pokémon lain yang juga harus kamu coba adalah New Pokémon Snap. Beda dengan game Pokémon lainnya, kamu tidak harus menangkap Pokémon dan bertempur dengan trainer lain. Di sini kamu justru akan diminta untuk memotret berbagai jenis Pokémon yang ada.

New Pokémon Snap Nintendo Switch

Game yang merupakan remake dari game dengan judul yang sama di N64 ini hadir dengan gameplay yang sederhana dan cenderung santai. Di sini kamu bisa berburu Pokémon dan mengabadikan gambarnya untuk melengkapi koleksimu. Poin plus pun bisa didapat jika kamu berhasil memotret Pokémon dalam pose tertentu.

Gameplay unik ini membuat New Pokémon Snap jadi salah satu game Pokémon paling populer. Cara mainnya yang mudah serta tampilan visualnya yang lucu pun membuat game ini cocok jadi rekomendasi game Nintendo Switch terbaik untuk anak perempuan di bawah 10 tahun.

5. Celeste

Game Nintendo Switch terbaik untuk anak perempuan lainnya adalah Celeste. Celeste sendiri merupakan gim platform 2018 yang dibuat berdasarkan versi fiksi dari Mount Celeste. Pada game ini kamu akan mengikuti protagonis wanita bernama Madeline yang mencoba mendaki gunung, menghadapi iblis dalam dirinya dalam usahanya untuk mencapai puncak.

Celeste Nintendo Switch

Alur ceritanya mungkin agak terlalu rumit untuk pemain muda. Namun jika ingin mencobanya, game ini punya gameplay yang solid, lengkap dengan visual art keren serta soundtrack yang mengagumkan. Karakterisasi Madeline yang luar biasa pun layak disebut dan merupakan salah satu alasan mengapa game ini sangat menghibur.

Dengan kombinasi tersebut, tidak heran jika Celester mampu memenangkan hadiah Best Indie Game di Titanium Awards di Bilbao, Spanyol pada tahun 2018. Pada bulan Maret 2020, dilaporkan bahwa Celeste telah terjual lebih dari satu juta kopi sejak diluncurkan.

6. Overcooked! 2

Buat kamu yang senang dengan makanan, Overcooked adalah game memasak terbaik yang bisa kamu mainkan di Switch. Dalam game simulator ini, tim beranggotakan hingga empat pemain bekerja sama untuk menyiapkan dan memasak pesanan singkat di berbagai restoran. Tugas kamu adalah mengumpulkan dan memotong bahan, memasak dan menyajikannya, serta mencuci piring.

Overcooked! 2 Nintendo Switch

Overcooked! 2 sendiri menggunakan formula yang mirip dengan game prekuelnya yang dirilis pada 2016. Di game ini kamu bisa mendapatkan level baru, kostum koki, dan resep yang dirancang untuk menarik anak-anak dari segala usia, dan bahkan orang dewasa.

Versi game ini memenangkan penghargaan Best Family/Social Game di Game Critics Awards pada tahun yang sama saat diluncurkan, 2018. Dan selain di Nintendo Switch, kamu juga bisa menemukan game ini di konsol PlayStation 4 dan 5, Windows, macOS, XBox, bahkan Amazon Luna dan Linux.

7. Harvest Moon: Light of Hope

Sekilas, Harvest Moon: Light of Hope tidak jauh berbeda dengan seri-seri Harvest Moon sebelumnya di mana kamu tiba dari kota dan mewarisi pertanian yang rusak dan harus bekerja untuk membangun kembali pertanian dan membuatnya sukses. Selama permainan, kamu pun bisa mengikuti festival, menikah, memiliki anak, memelihara hewan dan memanen tanaman dan bahan di pertanian dan area sekitarnya.

Harvest Moon Light of Hope Nintendo Switch

Namun dibanding game sebelumnya, Light of Hope menyederhanakan gameplay dengan sangat drastis, sehingga game ini cocok untuk dimainkan anak kecil. Sebagai contoh, kamu tidak perlu mengupgrade tas untuk meningkatkan kapasitasnya. Selain itu kamu hanya perlu menekan satu tombol saja untuk melakukan semua aktivitas.

Beda dengan game Harvest Moon lain yang fokus pada bertani, game ini justru lebih fokus pada crafting. Di sini kamu bisa menghabiskan banyak waktu di tambang dan mengolahnya menjadi berbagai bahan yang bisa digunakan untuk memperbaiki dan mempercantik banyak hal di kotamu.

8. Little Dragons Café

Game Nintendo Switch untuk anak perempuan lain yang harus kamu coba adalah Little Dragons Cafe. Game simulasi ini sendiri tergolong santai dan dapat dimainkan dengan bebas tanpa ada aturan yang ketat atau misi yang tidak terlalu berat. Kontennya pun cukup aman sehingga bisa dimainkan siapa saja, termasuk anak kecil.

Little Dragon's Cafe Nintendo Switch

Sesuai dengan judulnya, salah satu daya tarik game ini adalah naganya. Naga kamu akan selalu mengikuti karakter kamu sepanjang permainan. Mereka bisa melakukan banyak tugas mulai dari membersihkan jalan, mengambil bahan-bahan, menggali, atau berburu binatang buruan kecil.

Selain itu naga kamu juga akan tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu dan mengembangkan kemampuan baru. Setelah cukup dewasa, naga kamu pun bisa terbang bahkan berubah warna tergantung apa yang kamu berikan padanya.

9. Bayala

Bayala adalah salah satu serial kartun populer yang berasal dari Jerman. Karakter-karakter seru seperti peri, elf dan unicorn membuat game Bayala jadi salah satu game Nintendo Switch yang cocok untuk anak perempuan.

Bayala Nintendo Switch

Dalam ceritanya, awalnya ada hubungan magis antara Peri dan Naga yang begitu kuat di Bayala. Para peri yang menjaga telur naga bahkan bisa menggunakan sihir, sampai Ratu Bayangan Ophira yang jahat mencuri telur-telur itu. Ketika naga menghilang, kekuatan sihir sang Peri juga ikut-ikutan hilang.

Surah dan teman-temannya memulai perjalanan penuh petualangan melalui hutan, ke dalam gua, dan melintasi Pegunungan Naga Bayala. Dia berhadapan dengan Ratu Bayangan Ophira yang jahat, untuk menyelamatkan Bayala dari malapetaka tertentu, dan mengembalikan sihirnya!

10. Just Dance

Just Dance adalah game seru yang bisa dimainkan siapa saja tanpa mengenal batas gender maupun usia. Dan game ini juga jadi salah satu cara paling seru untuk menghabiskan waktu bersama-sama dengan keluarga dan teman.

Sesuai namanya, di sini kamu bisa berdansa dan mengikuti irama dari berbagai lagu populer yang sudah difilter agar liriknya tetap aman untuk anak-anak. Berjoget dan berdansa juga jadi game yang pas untuk kamu yang senang bergerak atau ingin sekadar berkeringat sambil bersenang-senang.

11. Go Vacation

Go Vacation adalah koleksi mini game dan simulator bertemakan liburan. Game ini awalnya dikembangkan dan diterbitkan oleh Bandai Namco untuk Wii pada tahun 2011, sebelum akhirnya ikut dirilis di Nintendo Switch.

Go Vacation! Nintendo Switch


Permainan berlangsung di Pulau Kawawii, yang memiliki empat resor: Laut, Salju, Kota dan Gunung. Di resor ini kamu akan menemukan lebih dari 50 koleksi mini-game, mulai dari melempar kue pie, skatting, mini golf, ski jumping, perang bola salju, dan masih banyak lagi.

Selain bermain mini games, kamu juga bisa berfoto, memotret binatang, mengumpulkan hadiah yang dijatuhkan dari pesawat, dan jalan-jalan dengan binatang peliharaanmu. Kamu pun dapat bermain dengan hingga tiga pemain lain secara lokal di layar terpisah, tetapi gim ini juga sangat menyenangkan untuk dimainkan sendiri.

12. Unpacking

Buat kamu yang senang dengan puzzle, Unpacking adalah game yang harus kamu coba. Sesuai dengan namanya, tugas kamu di sini hanyalah membuka kemasan barang dan menyusunnya dengan rapih di 35 ruangan.

Unpacking Nintendo Switch

Dalam game ini terdapat 8 stage yang masing-masing berlatar belakang tahun yang berbeda, antara 1997 hingga 2018. Setiap tahun pun memiliki lokasi yang berbeda sesuai dengan tempat tinggal sang protagonis.

Meski sekilas sederhana, di baliknya tersimpan cerita mengenai si pemilik kotak penyimpanan tersebut. Setiap barang yang ia kemas dan lokasi yang ditempatinya memiliki ceritanya sendiri. Kita pun bisa belajar mengenai kehidupan sang protagonis wanita sambil membantunya menyusun barang-barang di rumahnya.

13. River City Girls

Buat kamu yang senang dengan game action, River City Girls jadi game seru dengan protagonis perempuan. Tidak cuma penuh dengan aksi baku hantam, kamu pun bisa mengikuti cerita dan petualangan sang heroin dalam menyelamatkan pasangan mereka.

River City Girls Nintendo Switch

Dalam game beat-em-up' ini, kamu bisa memilih karakter Misako dan Kyoko yang berasal dari video game keluaran tahun 1994, yaitu Nekketsu High School Dodgeball Club: Soccer dan Kunio Tachi no Banka. Jadi selain punya desain piksel khas retro, kamu juga akan bertarung di lokasi yang unik dari kedua video game tersebut.

Dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing karakter, kamu harus bisa mengalahkan musuh yang datang tanpa henti. Menariknya, karakter kamu bisa mendapatkan experience dan naik level untuk menghadapi musuh yang lebih kuat. Uang yang kamu dapat pun bisa dipakai untuk membeli item, makanan, skill, atau gear untuk meningkatkan stat karakter kamu.


Itu dia beberapa rekomendasi game Nintendo Switch terbaik untuk anak perempuan. Tidak melulu soal memasak, anak perempuan pun bisa asik memainkan game petualangan atau game seru lainnya di konsol Nintendo tersebut. (Gimtekno.com)

0 Komentar